CDC, Harapan Baru Petani Jagung di Bolmong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Petani jagung di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara bisa mulai menaruh harapan yang tinggi dari akan didirikannya gudang corn drying center (CDC) atau pusat pengeringan jagung yang dibangun oleh Perum Bulog. Adanya CDC diyakini mampu menjamin hasil panen jagung aman meski ditengah cuaca yang kurang bersahabat.

CDC merupakan salah satu janji politik Bupati Bolmong Dra HjYasti Soepredjo Mokoagow. Melalui Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang, bupati mengaku senang karena salah satu impiannya bisa terwujud.    

“Melalui saya, ibu bupati menitipkan pesan bahwa beliau sangat senang karena impiannya hari ini mulai direalisasikan,” ucap Tahlis dalam sambutannya pada peletakan batu pertama gudang CDC di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak, Senin (7/12/2020).

Menurut dia, gudang CDC mampu menampung 3000 ton/silo. Kapasitas daya tampung ini bahkan mampu mengakomodir hasil panen jagung dari daerah lain. “Efeknya pasti akan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bolmong,” ujar Tahlis.

Pemkab Bolmon optimis saat CDC mulai beroperasi akan mampu meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bolmong. Sehingga dukungan pemerintah kabupaten benar-benar disiapkan. “Bupati dan wakil bupati juga menitipkan pesan siap mendukung proses kelancaran pembangunan ini. Jangankan lahan 13 hektar yang dihibahkan lalu, tapi semua yang diinginkan untuk proses kelancaran pembangunan ini, pemerintah daerah siap membantu,” ucapnya.

Disisi lain pihak Perum Bulog telah menargetkan pembangunan CDC hingga pertengahan tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh Kabid Administrasi Keuangan Bulog wilayah Provinsi Sulut dan Gorontalo, Noldy Ramayanti. Dia optimis CDC akan mulai beroperasi pada akhir Desember 2021.

“Target selesai pembangunannya, pertengahan tahun 2021. Setelahnya masih harus mengurus izin operasi yang perkiraannya selama empat bulan. Jadi, gudang CDC ini akan beroperasi di akhir tahun 2021,” jelas Noldy.

Advertorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

7 + eleven =

instink.net