Bupati Iskandar Pimpin Rakor Pilsang Serentak 2022

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tidak lama lagi akan menghelat pemilihan kepala desa (sangadi) yang dilaksanakan secara serantak pada pertengahan tahun 2022 ini. Sebagai tahapan awalnya, Pemda Bolsel melaksanakan rapat koordinasi, yang melibatkan seluruh pihak dan lembaga terkait.

Rakor ini dipimpin langsung oleh Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt, yang dilaksanakan di lapangan futsal di kawasan Panango, Kamis (7/4/2022).

Ditengah sambutannya, Bupati Iskandar mengatakan, pelaksanaan Pilsang kali ini adalah kedua kalinya di masa Pandemi Covid-19.

Peserta rapat koordinasi pelaksanaan Pilsang serentak tahun 2022

Peserta rapat koordinasi pelaksanaan Pilsang serentak tahun 2022.

“Ini kali kedua kita melaksanakan Pilsang serentak di masa Pandemi Covid-19, ditahun 2021 lalu ada 27 Desa yang menyelenggarakan Pilsang dan kali ini ada 38 Desa,” ucapnya.

Dikatakannya lebih lanjut bahwa, ada empat tahapan penting yang harus dipersiapkan oleh Panitia.

“Tahapannya harus sesuai jadwal yang telah ditentukan. Mulai tanggal 7 sampai 16 April 2022 persiapan pencalonan, tanggal 18 Mei 2022 pemungutan suara, tanggal 20 Mei 2022 penetapan calon dan tanggal 5 Juli 2022 pelantikan Sangadi,” terang Iskandar.

Juga mengingatkann peran Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk selalu menyampaikan dan mengingatkan pada seluruh Panitia Pelaksana di Desa agar menjaga kondisi yang kondusif.

“Kepada Dinas PMD kiranya dapat menyampaikan kepada Panitia di tingkatan Desa untuk selalu menjaga penyelenggaraan Pilsang agar tetap kondusif dan harus mengacu pada peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, Iskandar juga mengatakan bahwa, 38 Desa yang melaksanakan Pilsang ini untuk selalu mengutamakan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat.

Pimpinan rakor Pilsang serentak Bolsel 2022

Pimpinan rakor Pilsang serentak Bolsel 2022.

“Sampai dengan hari ini kita masi dilanda Pandemi Covid-19 oleh karenanya saya harap kepada masyarakat dan panitia ditingkatan Desa untuk menerapkan Protolol Kesehatan Covid-19 yang ketat sebagaimanan telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2022 tentang perubahan atas Perda nomor 1 tahun 2016 yang menjeoasakan pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Sangadi,” pungkasnya.

Turut hadir pada Rakor tersebut, Sekda Marzanzius A. Ohy, SSTP, M.AP, Asisten I Sekda Alsyafri Kadullah, Kapolres Bolsel yang diwakili Kabag SIMDA, Perwira Penghubung TNI-AD, perwakilan Danpos TNI-AL, serta jajaran pimpinan PD. (ADV)

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

sixteen − ten =

instink.net