Bupati Apresiasi Pelaksanaan Dies Natalis Unsrat Manado di Bolmong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Desa Mogoyunggung II, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow, menjadi salah satu tempat pelaksanaan Tridharma berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka Dies Natalis ke-58 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Ditempat ini, Unsrat menggelar penyuluhan hukum dan penyuluhan pengelolaan dan pertanggungjawaban dana desa oleh Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bolmong merupakan daerah tempat berlangsungnya Kuliah Kerja Terpadu (KKT) angkatan ke-121 Unsrat. Sebanyak 3.632 mahasiswa dan mahasiswi peserta KKT ditempatkan di 200 desa dan 2 kelurahan di 15 kecamatan yang ada di Bolmong. Dies Natalis yang digelar selama dua hari, Jumat – Sabtu (19-20/7/2019), merupakan bagian dari KKT Unsrat.

Puncak dari kegiatan Dies Natalis Unsrat ditandai dengan lanjutan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dan Unsrat Manado. Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen J. Kumaat MSc DEA, merupakan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan sumber daya manusia. Penandatanganan MoU dilaksanakan di rumah Dinas Bupati di Desa Lolak, Jumat (19/7/2019) siang.

Bupati dan jajaran Pemkab Bolmong bersama civitas akademika Unsrat.

Bupati Yasti dalam sambutannya usai penandatanganan MoU berharap, kedepannya nanti, kerjasama ini akan menjadikan daerah lebih baik lagi. Lanjut Bupati, hendaknya hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh para dosen Unsrat, implementasinya harus jelas di tengah-tengah masyarakat, dan teristimewa untuk penelitian pengembangan di bidang pendidikan, pertanian dan perikanan.

Ia menambahkan, Pemkab akan sangat men-support kerja sama dengan pihak Unsrat dengan menyiapkan dana dalam rangka menunjang kegiatan penilitian. “Tentu meski APBD Bolmong kecil, akan diupayakan penyiapan dana untuk penelitian,” ujarnya.

Ditambahkannya, warga Bolmong patut besyukur atas kedatangan rombongan dari Unsrat Manado. Sebab, tidak mudah mendatangkan para civitas akademika Unsrat untuk memberikan penyuluhan, pelayanan kesehatan, pelatihan secara cuma-cuma di Bolmong.

Penyuluhan hukum di Desa Mogoyunggung II.

Sementara itu, Rektor Unsrat, Ellen J. Kumaat, memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah dan masyarakat Bolmong. Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab atas support kepada pihak Unsrat.

“Terima kasih kepada Bupati yang sudah menerima mahasiswa Unsrat yang begitu banyak dalam KKT angkatan 121 dengan jumlah 3.632 mahasiswa yang tersebar di seluruh desa  dan kelurahan yang ada di Bolmong,” ucap Rektor.

Ia melanjutkan, penelitian dan pengembangan keilmuan oleh dosen-dosen Unsrat, dapat di aplikasikan pada masyarakat. Dirinya juga berharap, implementasi dari pengabdian pada masyarakat di daerah ini bisa segera diterapkan.

Bupati dan jajaran Pemkab Bolmong menyambut kehadiran rektor bersama ketua panitia Dies Natalis ke-58, Prof Dr Ir Fabian J Manoppo Magr, serta kurang lebih 250 civitas akademika Unsrat.

Selengkapnya : Jadwal Dies Natalis Unsrat Manado

Advetorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

two × 4 =

instink.net