Bolsel Daerah Pertama se BMR Salurkan BST

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak pandemic virus Covid-19 terutama bagi kepala keluarga miskin, telah mendapat perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Jum’at (08/05) pagi tadi, Pemda Bolsel mulai menyalurkan BST dari Kementrian Sosial (Kemensos).

Penyaluran BST dipimpin langsung oleh Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru S.Pt, yang didampingi Sekda Bolsel Marzanzius A Ohy bertempat di Kantor Pos Molibagu. Diketahui juga, Pemda Bolmong Selatan adalah daerah pertama yang tercepat menyalurkan bantuan tersebut se Bolmong raya (MBR) atau ketiga di Provinsi Sulawesi Utara. Tercatat, warga penerima manfaat BST di Kabupaten Bolsel, berjumlah 4.281 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah Rp 600.000/KK setiap bulannya.

“Hari ini baru tahap I yang kita salurkan, terhitung di bulan April. Untuk Mei dan Juni, kita sesuaikan dengan jadwal penyaluran,” ucap Iskandar.

Sekda Bolsel saat menyalurkan BST kepada penerima manfaat.BST Bolsel, 

Proses penyaluran BST ini dilakukan secara dua tahap. Yakni secara tunai kepada 3.707 penerima, sedangkan sisanya disalurkan melaui Bank BRI dan Bank BNI.

Bupati Iskandar menegaskan mengenai kevalidan penerima BST, bahwa daftar penerima BST berdasarkan proses yang telah diverifikasi oleh pemerintah daerah, sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang telah diberikan kepada pihak kecamatan kemudian diberikan ke pemerintah desa.

“Untuk menguatkan kevalidan penerima BST ini, data penerima BST dari desa dikembalikan lagi ke Dinas sosial, hasil verifikasi akan diinput melalui sistem informasi terpadu kesejahtraan sosial (SITKS),” ucap Iskandar.

Penyaluran BST secara simbolis juga dilakukan oleh pihak Kantor Pos Molibagu.

Pernyataan bupati dikuatkan oleh Kepala Kantor Pos Molibagu, Abdul Hafid. Dia menambahkan, warga penerima BST yang ada di Kecamatan Bolaang Uki, bisa segera melakukan penarikan di Kantor Pos.

“Kalau di Kecamatan lain kita ada komunitas sendiri. Jadi warga bisa tidak perlu khawatir apabila belum sempat melakukan penarikan, sebab ini bisa di ambil kapan saja,” terang Abdul.

Pada penyaluran BST yang sangat disambut bahagia oleh masyarakat terdampak, turut disaksikan oleh Polsek Bolaang Uki dalam kegiatan tersebut, juga Kepala Dinas Sosial, Kakan Kesbang, Camat Bolaang Uki, kepala desa. (ADV)

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

four × two =

instink.net