Bappeda Bolmong Expose RAD-AMPL

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar Rencana Aksi Daerah bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL), Kamis (4/7/2019) di ruang rapat kantor Bappeda Bolmong, di Lolak.

Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Awaluddin Hatam melalui Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Wincy Mokorimban menjelaskan, RAD-AMPL merupakan kebutuhan operasionalisasi strategi daerah dalam penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan.

“Selain itu, perlu adanya dukungan pelaksanaan kewajiban daerah dalam menyediakan pelayanan air minum dan sanitasi sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) dengan target RPJMN 2015 – 2019,” ungkap winci

Selanjutnya kata dia, salah satu tujuan RAD-AMPL merupakan dokumen daerah yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dan tantangan pengembangan air minum dan sanitasi.

“RAD AMPL merupakan acuan penetapan target tambahan akses air minum dan sanitasi untuk setiap tahun yang dilengkapi dengan indikasi target jumlah desa lokasi pengembangan SPM dan sanitasi,” katanya.  

Menurutnya, pelaksanaan RAD-AMPL akan dituangkan dalam program dan kegiatan melalui RKPD, Renja perangkat daerah dan APBD yang terintegrasi kedalam program Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dunia usaha dan masyarakat.

“Ini mengacu pada PP nomor 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, Pemprov dan pemerintah kabupaten atau kota,” bebernya.

Hadir pada kegiatan ini, perwakilan OPD Bolmong, para camat dan kepala desa, unsur akademisi, unsur PAMSIMAS Sulut dan Bolmong, LSM, serta tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

Editor : Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

17 − 8 =

instink.net