ASN Bolmong Bantu Warga Bersihkan Material Akibat Banjir

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Rabu (4/3/2020) dini hari, Desa Domisil dan Desa Pangi Timur, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), diterjang banjir bandang. Sebagian wilayah di kedua desa porak poranda akibat peristiwa ini.

Pagi di hari yang sama, pemerintah kabupaten langsung turun tangan melakukan penanggulangan pasca bencana. Pos Komando Bencana didirikan bersamaan dengan Posko Kesehatan. Segala kebutuhan dasar disiapkan guna menyiapkan kebutuhan warga yang terdampak.

Namun, selain memenuhi kebutuhan dasar korban, pemerintah memandang perlunya pembenahan sisa-sisa material akibat terjangan banjir. Menyikapi ini, ratusan aparatur sipil negara (ASN) diterjunkan untuk membersihkan rumah-rumah warga terdampak, serta material yang ada di lokasi bencana.

Kadis bersama ASN Kominfo membersihkan rumah warga.

Jumat (6/3/2020), dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang SIP, kerja bhakti dilaksanakan. Tahlis bahkan turun langsung membersihkan rumah yang rusak.

“Setiap ASN diberi tugas. Mereka membersihkan rumah hingga halaman yang masih dipenuhi lumpur dan material akibat banjir,” ujar Tahlis.

Kepala DP3A, Farida Mooduto menghibur anak-anak korban bencana.

 Aksi ini, kata Sekda, merupakan spontanitas. Pemkab mengetahui kondisi fisik maupun psikis para korban sehingga hal ini perlu dilakukan.

Disisi lain, Pemkab juga memperhatikan anak-anak yang terdampak. Mengurangi traumatik, mereka didampingi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Bolmong. Anak-anak ini diajak bermain dan di hibur untuk menghilangkan trauma.

Advertorial

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

one × 3 =

instink.net