5 KWT di Bolmong Paling Berhasil Manfaatkan Pekarangan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BOLMONG – Merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar berbagai lomba. Salah satunya, lomba pemanfaatan pekarangan yang diikuti oleh Kelompok Tani Wanita se-Bolmong.

Dari 16 KWT yang tersebar di 15 kecamatan, 5 KWT berhasil menjuarai lomba berdasarkan penilaian dari tim juri yang terdiri dari perwakilan TP PKK, Dinas PMD, Dinas Pangan Provinsi Sulut, Dinas Pertanian dan perwakilan pers.

“Lomba pemanfaatan pekarangan oleh KWT sudah berlangsung selama dua tahun sejak 2018,” kata Kepala Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan, DKP Bolmong, Widodo Mamonto, Sabtu (17/8/2019).

Widodo Mamonto

Menurut Widodo, lomba dimaksudkan untuk merangsang masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan.

“Ini agar antusias masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan semakin tinggi untuk pemenuhan konsumsi pangan keluarga. Bahkan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. Hadiah lomba bagi pemenang diserahkan pada acara Malam Kenegaraan yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Bolmong, Sabtu (17/8/2019).

Baca : Wanita Bolmong Dibina Kembangkan Pekarangan Rumah

Lebih jauh ia menjelaskan, pemanfaatan pekarangan merupakan tujuan dari program diversifikasi pangan yang ada di Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Hal ini menurut Widodo dimaksudkan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja seperti beras, dan terdorong untuk juga mengonsumsi bahan pangan lainnya.      

“Mutu gizi pangan terkait erat dengan pencapaian diversifikasi dan keamanan pangan. Oleh karena itu aspek ini perlu mendapat perhatian yang lebih tinggi dalam program pertanian, pangan, dan gizi di Indonesia, khususnya Bolmong” katanya.

Penulis : Rahmat Putra Kadullah

Bagikan berita ini:

Leave A Reply

5 × three =

instink.net